Saturday 2 May 2015

Tips Pola Makan Agar Terhindar dari Diabetes






Di zaman moderen ini banyak pola hidup yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan serta minuman tinggi gula, pengawet dan rendah serat serta dengan kurangnya aktifitas fisik akan menimbulkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah Diabetes. Penderita diabetes tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua tetapi juga terjadi pada usia muda.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat di sembuhkan. JIka sudah terkena diabetes anda hanya bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap normal.
Beikut adalah tips agar anda terhindar dari diabetes :

1. Makanan Seimbang



Konsumsilah makanan secara seimbang, porsi cukup dan pilih jenisnya. Pada dasarnya diet seimbang dan sehat perlu mengkombinasikan makanan kaya karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, buah, sayuran, makanan kaya protein seperti ayam, ikan. Susu dan air putih jangan sampai lupa.

2. Metode Pemasakan



Pilih metode pemasakan dengan cara mengukus, memanggang, atau menumis. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak, garam, gula, dan santan. Prinsipnya adalah pilih bahan makanan yang alami dan segar sehingga nutrisinya tetap terjaga.

3. Pilihan Makanan



Makanan sehat bukan berarti makanan yang tidak enak. Jika anda tidak dapat menyiapkan makanan sendiri di rumah karena kesibukan anda, dan harus makan di luar rumah. Sebaiknya pilihlah makanan yang di kukus atau di panggang seperti ikan bakar atau sup. Selain itu tetap konsumsilah lebih banyak sayuran, buah, sereal, dan ikan yang mengandung kalori lebih sedikit tapi tinggi zat gizi.

4. Siasati Asupan Gula



Menjaga asupan gula merupakan hal yang sangat penting. Asupan gula yang berlebih dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan meningkatkan resiko obesitas. Kurangi makan makanan seperti kue manis serta kurangi minuman yang mengandung soda.

5. Makan Tepat Waktu



Biasakanlah untuk makan tepat waktu. Ini bertujuan agar membantu keteraturan usus sehingga dapat mencegah makan secara berlebihan. Jika anda merasa lapar di waktu makan, makanlah buah atau salad yang rendah kalori dan tinggi akan serat.

6. Aktifitas Fisik



Dengan rutin berolahraga dengan intensitas sedang dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Karena itu mulailah aktif meluangkan waktu anda untuk berolahraga minimal 30 menit dengan melakukan aktifitas fisik seperti joging dan berenang. Setidaknya lima kali dalam seminggu.




0 comments:

Post a Comment