Tuesday 28 April 2015

Tips Mencegah Kebotakan




Kebanyakan pria takut mengalami kerontokan rambut sehingga menyebabkan terjadinya kebotakan. Strees dan kurang cermat dalam merawat rambut menjadi salah satu penyebab terjadinya kebotakan. Selain itu kebotakan terjadi karena kurangnya asupan nutrisi.

Kekurangan vitamin dan nutrisi bisa memicu terjadinya kerontokan rambut sehingga mengalami kebotakan. Makanan yang bernutrisi penting agar rambut tidak mudah rontok dan patah. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung :

1. Protein



Rambut terbentuk dari protein yang di serap oleh tubuh. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein agar rambut anda tumbuh lebih sehat. Pilihlah sumber protein seperti ikan, daging ayam, olahan kedelai, keju rendah lemak, telur, dan kacang-kacangan. Hindari makan makanan yang berlemak karena akan meningkatkan hormon testoteron yang merupakan pemicu kerontokan rambut.

2. Minum Air



Kunci agar rambut anda tetap sehat adalah dengan banyak meminum air. Setiap sel di dalam tubuh membutuhkan air agar berfungsi secara optimal. Tidak hanya dengan mencuci rambut saja, meminum air putih yang banyak dapat membuat rambut anda sehat.

3. Zinc



Zinc merupakan sejenis mineral yang mendorong reproduksi sel, pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Zinc juga berfungsi untuk sekresi kelenjar minyak. Kurangnya Zinc dapat menimbulkan masalah pada rambut yaitu ketombe dan rambut yang rontok. Makanan yang mengandung Zinc seperti daging hewan, antara lain daging unggas, seafood, kerang, udang, tiram. Susu dan telur juga mempunyai kandungan Zinc tapi dalam jumlah kecil.

4. Vitamin C



Cukupilah kebutuhan vitamin c anda setiap hari. Karena tubuh manusia tidak dapat menyimpan vitamin c dalam waktu yang lama. Vitamin c diperlukan dalam tubuh untuk membentuk kolagen, jaringan yang ada dalam tubuh termasuk pada rambut. Konsumsilah makanan dan buah yang mengandung vitamin c seperti jeruk, tomat, melon, cabai, beri, dan sayuran hijau

5. Vitamin B



Vitamin B juga penting bagi kesehatan rambut. Kekurangan vitamin B dapat memicu kerontokan, rambut yang rentan patah bahkan pertumbuhan rambut yang lambat. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan darah yang diperlukan rambut. Konsumsilah daging sapi, daging ayam, telur, dan kedelai.


0 comments:

Post a Comment